6 Januari 2013

5 karakteristik orang yang memiliki kecerdasan spiritual (SQ)

Posted at  14.42  |  in  wawasan umum


Lima karakteristik orang yang cerdas secara spiritual menurut Roberts A. Emmons, The Psychology of Ultimate Concerns: (1) kemampuan untuk mentransendensikan yang fisik dan material; (2) kemampuan untuk mengalami tingkat kesadaran yang memuncak; (3) kemampuan untuk mensakralkan pengalaman seharihari; (4) kemampuan untuk menggunakan sumber-sumber spiritual buat menyelesaikan masalah; dan kemampuan untuk berbuat baik 
 
Dua karakteristik yang pertama sering disebut sebagai komponen inti kecerdasan spiritual. perawat yang merasakan kehadiran Tuhan atau makhluk ruhaniyah di sekitarnya mengalami transendensi fisikal dan material. Ia memasuki dunia spiritual. Ia mencapai kesadaran kosmis yang menggabungkan dia dengan seluruh alam semesta. Ia merasa bahwa alamnya tidak terbatas pada apa yang disaksikan dengan alat-alat indrianya. Sebagai contoh perawat menyampaikan doa-doa personalnya dalam salat malamnya, mendoakan kesembuhan luka kliennya, memuali tindakan dengan bismillah, mengisi waktu luang dengan Sholat dluha, silaturahmi dengan keluarga klien.

Ciri yang ketiga, terjadi ketika kita meletakkan pekerjaan biasa dalam tujuan yang agung. Konon, pada abad pertengahan seorang musafir bertemu dengan dua orang pekerja yang sedang mengangkut batu-bata. Salah seorang di antara mereka bekerja dengan muka cemberut, masam, dan tampak kelelahan. Kawannya justru bekerja dengan ceria, gembira, penuh semangat. Ia tampak tidak kecapaian. Kepada keduanya ditanyakan pertanyaan yang sama, “Apa yang sedang Anda kerjakan?” Yang cemberut menjawab, “Saya sedang menumpuk batu.” Yang ceria berkata, “Saya sedang membangun menara mesjid!” Yang kedua telah mengangkat pekerjaan “menumpuk bata” pada dataran makna yang lebih luhur. Perawat yang sedang melakukan kompres selayaknya mengatakan “Saya sedang mensyukuri nikmat Allah
yang telah menganugerahkan air yang sangat banyak manfaatnya”

Perawat yang cerdas secara spiritual tidak memecahkan persoalan hidup hanya secara rasional atau emosional saja. Ia menghubungkannya dengan makna kehidupan secara spiritual. Ia merujuk pada warisan spiritual seperti teks-teks Kitab Suci atau wejangan orang-orang suci untuk memberikan penafsiran pada situasi yang dihadapinya, untuk melakukan definisi situasi. Pada saat ganti balutan ia mengingat bahwa jutaan mikroba sudah diciptakan Allah sebelum manusia mengetahui obatnya penicillin. Sebelum manusia lahir penicillinpun sudah diciptakan Allah. Jadi tugas perawat adalah berupaya memaknai bahwa mencari karunia Allah dalam membantu meringankan beban klien.

Ketika seorang perawat diberitahu bahwa orang kantornya tidak akan sanggup menyekolahkannya, ia tidak putus asa. Ia yakin bahwa kalau orang itu bersungguhsungguh dan minta pertolongan kepada Tuhan, ia akan diberi jalan. Bukankah Tuhan berfirman, “Orang-orang yang bersungguh-sungguh di jalan Kami, Kami akan berikan kepadanya jalan-jalan Kami”?

Karakteristik yang kelima: Perawat memiliki rasa kasih yang tinggi pada sesama makhluk Tuhan. “The fifth and final component of spiritual intelligence refers to the capacity to engage in virtuous behavior: to show forgiveness, to express gratitude, to be humble, to display compassion and wisdom,” tulis Emmons. Memberi maaf, bersyukur atau mengungkapkan terimakasih, bersikap rendah hati, menunjukkan kasih sayang dan kearifan, hanyalah sebagian dari kebajikan. Karakteristik terakhir ini mungkin disimpulkan dalam sabda nabi Muhammad saw, “Amal paling utama ialah engkau masukkan rasa bahagia pada sesama manusia.”

Written by: jalupangna
Wawasan spiritual dan blogging, Updated at: 14.42
Anda menyukai postingan di atas? Silahkan di share..!
Blogging dan wawasan spiritual Post Author

Pengajar sekaligus pendidik di salah satu SMPN yang ada di daerah banten. seorang newbie blogger yang lagi belajar blogging. Strong will and effort adalah filosofi hidup saya agar supaya sukses dikemudian hari.

10 komentar:

  1. Terima kasih , informasi yg sangat membantu,
    Berani Action ...berani sukses berani gagal.

    mohon ijin utk blog walking blog saya http://blog-vemma-indonesia.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. @Big Bobo terima kasih banyak udah berkunjung ke blog saya and salam kenal.

    BalasHapus
  3. Hal ini sejalan dengan materi kami di ... http://www.slideshare.net/KenKanaidi/pelatihan-slling-with-emotional-intelligence-dr-dwi-suryanto-kanaidi

    BalasHapus
  4. saya akan sering main ke sini, posting terus tentang spiritual dan supranaturalnya ya Om...

    https://plus.google.com/105244984425012465573/about

    BalasHapus
  5. @om-rey insya Allah, in lam yasyaau falaa...om rey. saya akan berusaha untuk update postingan disela-sela kesibukan saya. terima kasih banyak atas kunjungan dan komentarnya. salam...

    BalasHapus
  6. saya termasuk gak yah...

    http://benuanews.blogspot.com

    BalasHapus
  7. @benuanews Silahkan introspeksi ke diri aja mas, hehe....Terima kasih atas kunjungan & komentnya. Salam...

    BalasHapus
  8. terimakasih atas informasinyaa, bermanfaat banget nit buat pengetahuan.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama ananda nirmalasari, terima kasih atas kunjungannya. :)

      Hapus
  9. Asslmkm wr wb. Kenalkan saya soetopo, peminat spiritual. Maaf, tolong tanya tulisan "7 lapis energi mikro kosmik manusia" tuh tulisan bpk jalupangna sendiri ? referensinya dari mana ? Menurut saya itu tulisan yg bagus, dan saya ingin memperdalam, mohon pencerahannya bagaimana mengakses tiap LTE tersebut apakah bisa dirasakan ? Terima kasih atas penjelasannya.

    BalasHapus

About Us-Privacy Policy-Contact us
Copyright © 2013 Wawasan spiritual dan blogging. Blogger Template by BloggerTheme9
Proudly Powered by Blogger.
back to top